iklan banner

Pertemuan 1 Bulan Kitab Suci Nasional 2024 Lingkungan Fransiskus Xaverius 3

Pada hari Rabu, 4 September 2024 BKSN Sesi 1 dimulai jam 19.30 WIB, dihadiri 15 orang. Diawali dengan lagu pembuka dari teks/buku BKSN yang tersedia. Fasilitator (Alonzo Jethro) mengawali dengan memberikan konteks terkait tema BKSN yang diangkat dengan tema besar: Allah Sumber Keadilan. Pertemuan pertama ini spesifik akan membahas Allah yang menjadi dasar pengharapan dalam kesulitan. Permenungan menggunakan metode MDDT (Menyamakan Diri Dengan Tokoh). Dan topik pertama ini akan belajar dari tokoh Nabi Nahum, seorang nabi yang memang tidak terlalu banyak dikenal, tetapi memberikan penglihatan akan datangnya keadaan buruk bagi penduduk kota Niniwe.

Dilanjutkan dengan doa pembuka, mulai kemudian masuk dalam membaca Kitab Suci. Bu Mesli dan Bu Tina membantu membacakan teks Kitab Suci yang diambil dari Nah 1:1-8. Seluruh umat kemudian diajak untuk merenungkan teks tersebut selama 3 menit. Kemudian fasilitator membantu menguraikan konteks penglihatan/nubuat Nabi Nahum ini dengan hubungannya antara Bangsa Israel dengan Tuhan (Yahwe). Yang kemudian dalam konteks terdekatnya, kota Niniwe pun pernah dipertobatkan melalui nabi Yunus di tahun 700SM, namun kini dinubuatan akan hancur di sekitar tahun 612SM. Kehancuran Niniwe ini tak pelak karena sikap iman yang semakin jauh dari Tuhan. Dalam waktu berikutnya, dibahas bersama bagaimana teks ini menggambarkan karakter/sifat Allah dalam Kitab Suci Perjanjian Lama yang sungguh berbeda dari gambaran Allah dalam Kitab Suci Perjanjian Baru.
Acara dilanjutkan dengan sharing dari beberapa umat untuk dapat saling berbagi pemahaman maupun pengalaman iman terkait tema yang diangkat dalam pertemuan pertama ini. Kegiatan dilanjutkan dengan doa spontan dari umat, dipersilakan bagi yang mau menyampaikan doa-doa permohonannya; kemudian diakhiri dengan Doa Bapa Kami. Setelah Doa Penutup dan pengumuman dari Ketua Lingkungan, Pak Lim, acara ditutup dengan lagu penutup. Acara ini berlangsung kurang lebih 1 jam.













Penulis : Betawati & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 1 Bulan Kitab Suci Nasional 2024 Lingkungan Fransiskus Xaverius 3"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel